TUGAS PERTAMA

TUGAS PEMEROGRAMAN DASAR_1

Tugas 1 ( 15-Okt-2018 )

GNAT Programming Studio
(GPS, sebelumnya dikenal sebagai GNAT Programming System) adalah lingkungan pengembangan terintegrasi multi-bahasa (IDE) gratis oleh AdaCore. GPS menggunakan kompiler dari GNU Compiler Collection, mengambil namanya dari GNAT, kompilator GNU untuk bahasa pemrograman Ada.
GPS adalah cross-platform, berjalan di Linux, FreeBSD, Microsoft Windows, Mac OS X, dan Solaris. GPS menggunakan GTK + sebagai toolkit widget untuk antarmuka pengguna grafisnya. Dirilis di bawah Lisensi Publik Umum GNU, GPS adalah perangkat lunak bebas.
Isi
1 Fitur
2 Lihat juga
3 Referensi
4 tautan Eksternal
Fitur [sunting]
GPS mendukung berbagai bahasa pemrograman selain Ada, termasuk C, JavaScript, Pascal, dan Python. Selain itu, ia mendukung sejumlah jenis file lain untuk membangun sistem seperti Autoconf dan Make, bersama dengan format dokumentasi seperti Changelog dan Texinfo.
Fungsi pengembangan baru GPS yang paling menarik dari versi 4.0 adalah kemampuan edit jarak jauh, debug jarak jauh, dan cross-compilation untuk platform yang tidak tersedia secara GPS / GCC.
Versi baru ini juga mencakup fungsi edit baru, di antaranya adalah fitur pelengkapan otomatis cerdas.
GPS mendukung sistem kontrol Versi berikut: CVS, Rational ClearCase, Subversion, git.
GPS dapat mengedit file yang dikodekan dalam semua skema pengkodean yang didukung GNAT. Secara detail: ISO-8859-1, ISO-8859-2, ISO-8859-5, ISO-8859-6, ISO-8859-7, KOI8-R, Shift JIS, GB2312, UTF-8, UTF-16 dan UTF-32.
GNOME Builder
telah menangani pengembang "Aplikasi GNOME" dari permulaannya pada, dan bertujuan untuk berintegrasi dengan baik dengan alat pengembangan desktop Gnome lainnya. Ini memiliki dukungan terintegrasi untuk GNOME Devhelp. Sistem kontrol versi git dapat digunakan oleh GNOME Builder untuk menyorot penambahan kode dan perubahan. Ada dukungan untuk mengembangkan aplikasi flatpak.
GNOME Builder menawarkan penyorotan sintaks untuk banyak bahasa pemrograman dengan menggunakan GtkSourceView. Penyelesaian kode tersedia untuk bahasa-C (C, C ++, dll) dan Python, dengan bahasa tambahan yang sedang dikembangkan. Plugin didukung dan dapat ditulis dalam C, Python 3, atau Vala.
GNOME Builder memiliki dukungan dasar untuk banyak bahasa pemrograman, dan akan menawarkan fitur tambahan untuk bahasa yang didukung oleh Introspeksi GObject. Di GUADEC2016 Christian Hergert memberikan demo di YouTube tentang versi GNOME Builder yang akan datang. Lebih banyak fitur akan diintegrasikan setelah GTK + Scene Graph Kit akan digabung menjadi GTK +. sysprof dilabeli dan nomor versinya terbentur dari 1.2.0 ke 3.20 dan diintegrasikan dalam versi 3.22.]
Gnome Builder menggunakan Gnome Code Assistance untuk menyediakan diagnostik kode untuk CSS, HTML, JS, JSON, Python, Ruby, SCSS, skrip Shell, dan XML. Jedi digunakan untuk penyelesaian kode untuk Python. Clang digunakan untuk bantuan kode untuk bahasa C-like. Diagnostik karat disediakan dengan menggunakan Bahasa Server Protokol untuk berkomunikasi dengan Server Bahasa Karat.
KDevelop
adalah perangkat lunak bebas pengembangan lingkungan terintegrasi (IDE) untuk Platform KDE pada sistem operasi komputer mirip Unix. KDevelop tidak menyertakan compiler; sebaliknya, ia menggunakan kompilator eksternal seperti GCC untuk menghasilkan kode yang dapat dieksekusi.
Versi saat ini, 4.4.0, secara resmi dirilis pada 23 Oktober 2012. Ini dibangun di atas platform KDE Platform 4 dan mendukung pengembangan C, C ++, PHP, dan Python. Rilis stabil terakhir dari versi utama sebelumnya, 3.5.5, yang didasarkan pada teknologi K Desktop Environment 3, mendukung banyak bahasa pemrograman seperti Ada, Bash, C, C ++, Fortran, Java, Pascal, Perl, PHP, Python dan Rubi. Dirilis di bawah Lisensi Publik Umum GNU, KDevelop adalah perangkat lunak gratis.
Isi
1 Sejarah
2 Fitur
3 Lihat juga
4 Bacaan lebih lanjut
5 Referensi
6 Tautan eksternal
Sejarah
KDevelop 1.x dan 2.x dikembangkan selama periode empat tahun dari basis kode KDevelop awal. [7] Bernd Gehrmann memulai penulisan ulang lengkap dari awal dan mengumumkan KDevelop 3.x pada 30 Maret 2001. [8] Rilisan pertamanya bersama dengan K Desktop Environment 3.2 pada Februari 2004. Pengembangan KDevelop 3.x dihentikan pada tahun 2008.
KDevelop 4.x telah dikembangkan sejak Agustus 2005. Ini adalah penulisan ulang lengkap dengan inti yang lebih baik dan model pemrograman yang lebih berorientasi objek. [9] Pada Mei 2010, versi final KDevelop 4.0.0 dirilis.
fitur
KDevelop menggunakan komponen editor teks tertanam melalui kerangka KPart. Editor default adalah KDE Advanced Text Editor, yang dapat secara opsional diganti dengan editor berbasis Qt Designer. Daftar ini berfokus pada fitur KDevelop sendiri. Untuk fitur khusus untuk komponen editor, lihat artikel di Kate.
Editor kode sumber dengan penyorotan sintaks dan indentasi otomatis (Kate). Manajemen proyek untuk berbagai jenis proyek, seperti Automake, qmake untuk proyek berbasis Qt dan Ant untuk proyek berbasis Java. Browser kelas.
Desainer GUI Front-end untuk GNU Compiler Collection dan GNU Debugger. Wizards untuk menghasilkan dan memperbarui definisi kelas dan kerangka kerja aplikasi. Penyelesaian kode otomatis (C / C ++). Dukungan Doxygen built-in. Dukungan revisi (juga dikenal sebagai SCM) mendukung. Sistem yang didukung termasuk CVS, Subversion, Perforce, ClearCase, Git, Mercurial, dan Bazaar
KDevelop 3 adalah arsitektur berbasis plugin sepenuhnya. Ketika seorang pengembang membuat perubahan, mereka hanya perlu mengkompilasi plugin. Ada kemungkinan untuk menyimpan beberapa profil yang masing-masing menentukan plugin mana yang akan dimuat. KDevelop tidak dilengkapi dengan editor teks, tetapi menggunakan plugin untuk tujuan ini juga. KDevelop adalah bahasa pemrograman independen dan membangun sistem-independen, mendukung KDE, GNOME, dan banyak teknologi lainnya seperti Qt, GTK +, dan wxWidgets.
KDevelop telah mendukung berbagai bahasa pemrograman, termasuk C, C ++, Perl, Python, PHP, Java, Fortran, Ruby, Ada, Pascal, SQL, dan Bash scripting. Sistem build yang didukung termasuk GNU (automake), cmake, qmake, dan dibuat untuk proyek-proyek khusus (KDevelop tidak menghancurkan pengguna Makefile jika mereka digunakan) dan proyek scripting yang tidak memerlukannya.
Penyelesaian kode tersedia untuk C dan C ++. Simbol disimpan dalam file DB Berkeley untuk pencarian cepat tanpa penguraian ulang. KDevelop juga menawarkan kerangka pengembang yang membantu menulis parser baru untuk bahasa pemrograman lainnya. Suatu debugger terintegrasi memungkinkan secara grafis melakukan semua debugging dengan breakpoint dan backtraces. Bahkan bekerja dengan plugin yang dimuat secara dinamis tidak seperti baris perintah GDB. Quick Open memungkinkan navigasi cepat antar file.
Saat ini, 50 hingga 100 plugin ada untuk IDE. Yang utama termasuk pembukuan kode proyek yang terus-menerus, singkatan Kode yang memungkinkan perluasan teks dengan cepat, pemformat Sumber yang memformat ulang kode ke panduan gaya sebelum menyimpan, Pencarian ekspresi reguler, dan pencarian / penggantian di seluruh proyek yang membantu dalam refactoring kode.

wikipedia.com
di Oktober 17, 2018

0 komentar:

Posting Komentar